Selasa, 21 Januari 2020

Santunan Anak Yatim (Mata Kuliah Etika Profesi)

SANTUNAN ANAK YATIM
(MATA KULIAH ETIKA PROFESI)
Hari sabtu lalu tepatnya pada tanggal 18 Januari 2020. Mamah ku mendirikan sebuah majelis ilmu yang bernama Majelis Raudhatul Jannah, dimana majelis ini sudah berdiri kurang lebih satu tahun lamanya. Awalnya majelis ini merupakan pengajian biasa dimana orang tuaku mendirikannya karena mereka peduli dengan lingkungan sekitar terutama untuk ibu-ibu lanjut usia yang belum bisa mengaji. Orang tua ku khususnya mamah ku merupakan salah satu anggotanya dimana pengajian ini rutin dilakukan dari hari senin sampai dengan kamis kecuali malam jumat dan malam minggu biasanya diliburkan. Terkadang aku terharu dengan ibu-ibu yang rutin mengikuti pengajian ini karena dengan usia mereka, mereka tetap semangat untuk belajar mengaji mulai dari dasar atau Iqro’ hingga kini mereka sudah lancer membaca Al-qur’an meskipun sebagian dari mereka tetap membutuhkan pendamping untuk mengoreksi bacaan mereka.
            Mamah ku merupakan salah satu anggota yang rutin mengikuti pengajian tersebut. Karena hampir setiap pulang kerja biasanya mamah ku menyempatkan diri untuk belajar mengaji hingga kini mamah ku sudah sangat lancer membaca Al-qur’an. Awalnya pengajian ini terbentuk agar rumah kami tidak sepi karena kedua orang tuaku yang bekerja seharian sedangkan aku sejak kecil sudah pesantren dan hingga kini berkuliah di Depok dan nge kos sehingga rumah kami sangat sepi kecuali malam hari. Dengan adanya pengajian tersebut kedua orang tuaku menginginkan agar rumah kami senantiasa berkah karena digunakan untuk kegiatan yang positif tentunya. Sehingga kedua orang tua ku menitipkan kunci ke salah satu guru ngaji yaitu, ibu Wati. Hal ini dimaksudkan agar apabila kedua orang tuaku belum pulang kerja kegiatan mengaji ini bisa terus dilakukan.
            Biasanya kegiatan mengaji ini dimulai pukul 19.00 WIB sampai dengan pukul 20.30 WIB paling lambat. Oleh karenanya Karena kedua orang tua ku merasa hal ini sangat positif kemudian mereka ber inisiatif untuk rutin melakukan kegiatan sosial yaitu, mengadakan santunan anak yatim. Dimana kegiatan ini dilakukan rutin setiap sebulan sekali. Selain itu kegiatan santunan anak yatim ini biasanya mengundang 15-20 orang dan terus meningkat dan hingga kini anak yatim berjumlah kurang lebih 30 orang. Dimana diantaranya ada yang tidak memiliki seorang ayah atau biasa disebut yatim, tidak memiliki seorang ibu atau biasa disebut piatu, dan tidak memiliki keduanya atau biasa disebut dengan yatim piatu. Sebagian dari mereka memiliki usia yang berbeda-beda dan memiliki keunikan yang berbeda-beda. Dimana biasanya dana yang kami dapatkan untuk kegiatan santunan ini merupakan iuran dari ibu-ibu majelis ta’lim Raudhatul Jannah juga berdasarkan sumbangan dari saudara-saudara terdekat kedua orang tuaku dan lain sebagainya.
            Kegiatan santunan anak yatim ini selain mengundang anak yatim juga mengundang ibu-ibu pengajian raudhatul Jannah untuk saling mendoakan anak-anak yatim atau piatu yang hadir biasanya kegiatan ini diawali dengan pengajian terlebih dahulu seperti, pembacaan ayat suci Al-qur’an dengan berbagai surat seperti yasin, alwaqiah, arrahman dan lain sebagainya. Selanjutnya dengan ceramah dari ustadz Khair untuk memberikan motivasi maupun pelajaran yang berharga untuk kami semua yang hadir. Selanjutnya acara makan snack bersama berupa jajanan pasar seperti, kue basah, buah-buahan, dan lain sebagainya. Kemudian untuk mempersingkat acara maka kemudian dibagikan berupa nasi box, dan sejumlah uang yang diberikan kepada sejumlah anak yatim maupun piatu untuk uang jajan tambahan mereka. Dimana biasanya dipanggil sesuai dengan urutan atau absen kemudian satu per satu meninggalkan tempat dan pulang. Nah biasanya peran ku dalam kegiatan ini tentunya aku ikut serta membantu orang tua ku Sebelum maupun Setelah kegiatan ini berlangsung. Misalnya, untuk bagian dokumentasinya, pembagian konsumsi, bagian kebersihan dan lain sebagainya. Dimana tentunya kegiatan ini berjalan karena kami semua ikut serta bekerja sama dan kompak Untuk mengadakan kegiatan sosial yang positif seperti ini. Untuk teman-teman ku yang senantiasa selalu membaca semua tulisan ku di blog ini juga sangat boleh dan dianjurkan jika kalian ingin menyumbang sebagian harta kalian baik dalam bentuk materil dan lain sebagainya dapat menghubungi nomor orang tua  ku bernama Indri hastuti (08128241186). Karena sumbangan kalian sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan dan semoga hidup kalian sennatiasa diberikan kelancaran dan keberkahan. Berikut ini merupakan beberapa dokumentasi dari kegiatan sosial yaitu, santunan anak yatim. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Waspada Virus Korona

WASPADA VIRUS KORONA (MATA KULIAH ETIKA PROFESI) Beberapa hari ini dunia dihebohkan dengan adanya virus baru yang sedang merajalela...