Minggu, 12 Januari 2020

Etika Profesi Dan Profesionalisme (Mata Kuliah Etika Profesi)

ETIKA PROFESI DAN PROFESIONALISME
(MATA KULIAH ETIKA PROFESI)
Pengertian Etika
Etika (Etimologi), berasal dari Bahasa yunani yaitu “Ethos” yang artinya adalah watak kesusilaan ataupun adat istiadat maupun kebiasaan yang biasanya dilakukan oleh masyarakat setempat. Etika biasanya berhubungan erat dengan perkataan moral, yang berarti adat kebiasaan atau cara hidup seseorang dengan melakukan perbuatan baik (kesusilaan) serta menghindari hal-hal maupun tindakan yang buruk. Etika dengan moral memiliki pengertian yang kurang lebih sama pengertiannya, hanya saja dalam kegiatan sehari-hari memiliki beberapa perbedaan yaitu, moral atau moralitas merupakan penilaian perbuatan yang dilakukan sedangkan etika merupakan pengkajian sistem nilai-nilai yang berlaku. Etika menurut beberapa Ahli adalah sebagai berikut:
·    Menurut Soergarda Poerbakawatja, etika merupakan sebuah filsafat yang berkaitan dengan nilai-nilai tentang baik dan buruknya tindakan dan kesusilaan.
·    Menurut James J. Spillane SJ, etika merupakan pertimbangan maupun memperhatikan tingkah laku manusia dalam mengambil sebuah keputusan yang berkaitan dengan moral. Etika lebih mengarah pada penggunaan akal budi manusia dengan objektivitas untuk menentukan benar atau salahnya serta tingkah laku seseorang kepada orang lain.
·    Menurut Drs. O.P. Simorangkir, menjelaskan bahwa etika merupakan pandangan manusia terhadap baik buruknya perilaku manusia.
·    Menurut Prof. DR. Franz Magnis Suseno, etika merupakan sebuah ilmu yang memberikan arahan, acuan, dan pijakan kepada tindakan manusia.
·    Menurut A. Mustafa mengungkapkan etika sebagai ilmu yang menyelidiki terhadap perilaku mana yang baik dan yang buruk juga memperhatikan perbuatan manusia sejauh apa yang telah diketahui oleh akal pikiran.
Maka dapat disimpulkan dari beberapa ahli diatas bahwasanya etika merupakan suatu cabang ilmu filsafat yang membahas mengenai nilai-nilai norma dan buruknya dari sebuah tindakan. Etika juga lebih mengarah kepada penggunaaan akal budi manusia dengan objektivitas untuk menentukan benar atau salahnya serta tingkah laku seseorang kepada orang lain.

Pengertian Profesi
Profesi merupakan suatu jabatan atau pekerjaan dimana menuntut keahlian atau keterampilan dari pelaku itu sendiri. Biasanya sebutan “Profesi” selalu dikaitkan dengan pekerjaan maupun jabatan yang dipegang oleh seseorang, akan tetapi tidak semua pekerjaan atau jabatan dapat disebut sebagai profesi karena profesi menuntut keahlian para pemangkunya. Hal ini dapat dikatakan bahwa suatu pekerjaan atau jabatan yang disebut sebagai profesi tidak dapat dipegang oleh semabarang orang akan tetapi memerlukan suatu persiapan melalui pendidikan dan pelatihan yang dikembangkan khusus untuk profesi itu sendiri.
Sehingga pekerjaan berbeda dengan profesi. Istilah agar mudah dimengerti antara keduanya adalah sebuah profesi sudah pasti menjadi sebuah pekerjaan, namun sebuah pekerjaan belum tentu menjadi sebuah profesi. Profesi memiliki aturan ataupun mekanisme yang harus dipenuhi sebagai suatu ketentuan, sedangkan sebaliknya pekerjaan tidak memiliki aturan yang cukup rumit seperti profesi. Hal seperti ini harus diluruskan dimasyarakat karena hampir semua orang menganggap bahwa pekerjaan dan profesi adalah hal yang sama.

Pengertian Profesionalisme
Profesional artinya ahli dalam bidangnya. Secara sederhana, profesionalisme yang diartikan perilaku, cara, dan kualitas yang menjadi ciri suatu profesi. Seseorang dikatakan profesional apabila pekerjaannya memiliki ciri standar teknis atau etika suatu profesi. Profesionalisme dapat diartikan sebagai suatu kemampuan dan keterampilan seseorang dalam melakukan pekerjaan menurut bidang dan tingkatan masing-masing. Profesionalisme menyangkut kecocokan antara kemampuan yang dimiliki oleh birokrasi dengan kebutuhan tugas, terpenuhi kecocokan antara kemampuan dengan kebutuhan tugas merupakan syarat terbentuknya aparatur yang profesional. Artinya keahlian dan kemampuan aparat merefleksikan arah dan tujuan yang ingin di capai oleh sebuah organisasi.

Pengertian Etika Profesi Menurut para Ahli yaitu:
·    Menurut Kaiser dalam (Suhrawardi Lubis, 1994:6-7) Etika profesi merupakan sikap hidup berupa keadilan untuk memberikan pelayanan professional terhadap masyarakat dengan penuh ketertiban dan keahlian sebagai pelayanan dalam rangka melaksanakan tugas berupa kewajiban terhadap masyarakat. 
·    Menurut (Anang Usman, SH., MSi.) Etika profesi adalah sebagai sikap hidup untuk memenuhi kebutuhan pelayanan profesional dari klien dengan keterlibatan dan keahlian sebagai pelayanan dalam rangka kewajiban masyarakat sebagai keseluruhan terhadap para anggota masyarakat yang membutuhkannya dengan disertai refleksi yang seksama.
Definisi etika profesi yang dapat disimpulkan dari beberapa ahli yaitu etika profesi merupakan sikap hidup berupa keadilan untuk memberikan pelayanan professional terhadap masyarakat, yang membutuhkannya dengan disertai refleksi yang seksama. Etika profesi memiliki konsep etika yang ditetapkan atau disepakati pada tatanan profesi atau lingkup kerja tertentu, contoh: pers dan jurnalistik, engineering (rekayasa), science, medis/dokter, dan sebagainya.
Etika profesi adalah sikap etis sebagai bagian integral dari sikap hidup dalam menjalankan kehidupan sebagai pengemban profesi serta mempelajari penerapan prinsip-prinsip moral dasar atau norma-norma etis umum pada bidang-bidang khusus (profesi) kehidupan manusia. Etika profesi Berkaitan dengan bidang pekerjaan yang telah dilakukan seseorang sehingga sangatlah perlu untuk menjaga profesi dikalangan masyarakat atau terhadap konsumen (klien atau objek). 
Prinsip dasar di dalam etika profesi:
1.     Tanggung jawab: 
Terhadap pelaksanaan pekerjaan itu dan terhadap hasilnya.
Terhadap dampak dari profesi itu untuk kehidupan orang lain atau masyarakat pada umumnya.
2.     Keadilan.
3.     Prinsip ini menuntut kita untuk memberikan kepada siapa saja apa yang menjadi haknya.
4. Prinsip Kompetensi, melaksanakan pekerjaan sesuai jasa profesionalnya, kompetensi dan ketekunan. 
5.     Prinsip Prilaku Profesional, berprilaku konsisten dengan reputasi profesi.
6.     Prinsip Kerahasiaan, menghormati kerahasiaan informasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Waspada Virus Korona

WASPADA VIRUS KORONA (MATA KULIAH ETIKA PROFESI) Beberapa hari ini dunia dihebohkan dengan adanya virus baru yang sedang merajalela...